Post

Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!! | Digit-All Data

Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!

Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!
Thomas Beard
Apa jadinya jika sampai hari ini nomor ukuran sepatu belum juga ditemukan. Kita bakal sangat sulit untuk menemukan sepatu yang pas dan cocok dengan ukuran kaki. Para produsen sepatu akan membuat sepatu dengan ukuran yang mereka sukai, tanpa ada standar baku.

Di masa lalu, kondisinya memang seperti itu. Secara massal, sepatu baru mulai dibikin tahun 1628 oleh Thomas Beard di Amerika.

Sedangkan di Inggris, pabrik sepatu baru didirikan tahun 1650. Saat itu, proses pembuatan sepatu masih manual. Pabrik sepatu yang menggunakan peralatan mekanik baru berdiri tahun 1760 di Lynn, Massachussetts.


Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!
Pabrik Sepatu Manual
Saat itu, setiap jenis sepatu dibuat dalam 150 jenis ukuran, karena memang standar baku ukuran sepatu belum ditemukan. Raja Edward II dari Inggris, pada sekitar tahun 1324 memang sempat membuat ukuran sepatu dengan membandingkan panjang helai jewawut (makanan sejenis sereal). Angka 10 untuk nomor sepatu, identik dengan panjang sepuluh helai jewawut yang dijajarkan.

Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!
Jewawut
Untuk menjadikan ukuran lebih baku, dalam perkembangannya kemudian ukuran satu helai jewawut disamakan dengan 1/3 inchi. Saat Goodyear mulai membangun pabrik sepatu di Inggris tahun 1871, ukuran berdasarkan perbandingan tersebut diadopsi dan dibakukan.

Kemudian dari sinilah ukuran sepatu berkembang dan dibuat standar sesuai dasar perhitungan dimasing-masing wilayah. Perhitungan ukuran sepatu di Amerika, berbeda dengan di Inggris, berbeda pula dengan ukuran sepatu di Jepang, Australia, juga Eropa. Ada ukuran yang hanya mewakili panjang sepatu, tapi ada pula ukuran yang mewakili perbandingan panjang dan lebarnya.

Sampai sekarang ini, ukuran sepatu sudah disepakati di semua Negara. Dan sebagai patokan / pedoman dalam ukuran sepatu, disajikan ke dalam Tabel Ukuran Sepatu Standar Internasional dibawah ini :

Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!
Tabel Ukuran Sepatu (SI):
Pernahkah Anda membeli sepatu kemudian ukurannya kurang pas (kebesaran/kekecilan) ??? Kalau toko sepatu dekat dengan rumah kita, bisa kita tukarkan. 

Bagaimana kalau toko sepatunya diluar kota, atau diluar negeri ??? Untuk itu kita harus benar-benar tahu ukuran sepatu kita yang sebenarnya berapa. Berikut adalah tips dan cara mengukur ukuran sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kita.

Tips Memilih Ukuran Sepatu Yang Pas
Terlepas dari model dan bahan dasar, ukuran merupakan hal utama yang harus diperhatikan dan dipenuhi dalam membeli sepatu. 

Sebab, percuma membeli sepatu dengan bahan yang bagus atau model yang menarik, jika nantinya sepatu tidak bisa digunakan karena ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki. Alangkah lebih baiknya sebelum membeli sepatu terlebih dahulu kita mengetahui ukuran kaki, karena biasanya ukuran kaki akan berubah seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Berikut langkah-langkah yang dapat kita digunakan untuk mengetahui ukuran kaki.

Persiapkan bahan yang digunakan, antara lain:
1. Kertas ( yang lebih besar dari kaki anda )
2. Pensil
3. Selotip
4. Penggaris atau meteran
Asal muasal sepatu jadi punya ukuran baku...!!!
Dengan selotip, tempelkan dua sisi kertas di lantai.
Berikan tanda dengan menggunakan pensil pada pangkal kaki dan ujung kaki anda, ujung kaki dalam hal ini adalah jari kaki terpanjang.

Setelah gambar tapak kaki anda terbentuk dengan garis pensil, ukurlah gambar tapak tersebut dengan menggunakan penggaris atau meteran.

Bagian yang diukur adalah garis tumit terluar sampai ujung kaki. Langkah terakhir setelah ukuran didapat, temukanlah ukuran kaki anda dengan melihat tabel yang telah diperlihatkan diatas.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendapati ukuran kaki anda, diantaranya gunakan ukuran kaki lebih besar yang terdekat, jika ukuran anda tidak tertera. Contoh : Jika anda mendapat 28 cm, gunakan 28,5.

Begitulah kira-kira cara mengukur kaki kita agar saat membeli sepatu kita tidak kebesaran ataupun kekecilan. Jangan sampai salah ukuran ya,.
Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: