Post

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!! | Digit-All Data

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!

Manusia dengan umur terpanjang yang tercatat dalam sejarah adalah Jeanne Calment, warga negara Perancis yang mencapai umur 122 tahun 164 hari. Dia lahir pada tanggal 21 Februari 1875 dan meninggal pada 4 Agustus 1997. Dia hidup melalui dua perang dunia, serta menyaksikan manusia mendarat di bulan dan mengalami masa kelahiran Internet.

Dalam artikel ini disajikan hewan-hewan yang hidup jauh lebih lama daripada Jeanne dan dengan demikian juga jauh lebih lama dari semua manusia modern. Berikut adalah sepuluh hewan yang telah hidup lebih lama daripada manusia.

Quohog Laut - 507 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Arctica islandica, nama umum quahog laut, adalah spesies kerang yang dapat dimakan, moluska bivalvia laut di family Arcticidae. 

Jenis ini asli Samudra Atlantik Utara, dan dipanen secara komersial sebagai sumber makanan. 

Spesies ini juga dikenal dengan sejumlah nama umum yang berbeda, termasuk Islandia cyprine, kerang mahoni, quahog mahoni, quahog hitam, dan kerang hitam. 

Quahogs laut hidup di air di kedalaman antara 25 dan 1.300 meter. Di bagian utara dari jangkauan mereka, mereka ditemukan dalam air dangkal dekat dengan pantai.

Moluska ini diketahui hidupnya sangat panjang dengan dua spesimen ditemukan telah hidup 507 tahun.


Paus Bowhead- 211 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Paus Bowhead (Balaena mysticetus) adalah paus balin dari family paus Balaenidae adalah mamalia berusia terpanjang di bumi. 

Paus berwarna gelap kekar tanpa sirip punggung ini, dapat tumbuh hingga 20 m (66 kaki) panjangnya. Tubuhnya dapat mencapai berat 75 ton hingga 100 ton. Terberat kedua setelah paus biru.

Ia hidup sepenuhnya di perairan Arktik dan sub-Arktik, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk makan atau beranak ke perairan lintang rendah. Paus ini terdaftar di National Marine Fisheries Service sebagai spesies yang "terancam punah" di bawah naungan Endangered Species Act di Amerika Serikat '.

Dalam sebuah artikel oleh penulis sains Ned Rozell dari Institut Geofisika di University of Alaska Fairbanks, seekor paus jenis ini dianalisis berusia 211 tahun. Metode yang digunakan untuk menentukan umur adalah perubahan asam aspartat dalam bola mata spesimen dan memiliki jangkauan akurasi sekitar 16%, yang berarti 211 tahun Bowhead bisa saja berumur 177-245 tahun. Dan ini membuatnya sebagai mamalia tertua yang pernah tercatat dalam sejarah.

"Adwaita" Penyu Raksasa Aldabra - 256 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Adwaita (artinya "satu-satunya" dalam bahasa Sansekerta) (1750 -23 Maret 2006) adalah nama sebuah kura-kura jantan Aldabra seberat 250 kg (550 pon) di Alipore Zoological Gardens, Kolkata, India. 

Dia adalah hewan di antara hewan yang paling lama hidup di dunia dan diyakini kura-kura tertua yang pernah tercatat.

Menurut BBC, catatan sejarah menunjukkan bahwa ia adalah hewan peliharaan jenderal Inggris Robert Clive dari East India Company dan telah menghabiskan beberapa tahun di lingkungan yang nyaman sebelum ia dibawa ke Kebun Binatang Alipore di Calcutta sekitar 130 tahun yang lalu. Cangkang Adwaita akan dilakukan uji karbon untuk memberikan penilaian yang lebih akurat dari usianya.

"Hanako" Ikan Koi - 226 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Ikan koi adalah varietas hias ikan mas peliharaan (Cyprinus carpio) yang disimpan untuk tujuan dekoratif di kolam koi outdoor atau taman air. 

Varietas Koi dibedakan oleh warna, pola, dan scalation. Beberapa warna utama adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krim.

Menurut Laura Barton dari The Guardian: menghitung usia ikan memiliki cara yang sama dengan menghitung usia pohon, yaitu dengan menghitung cincin nya.

Sebagian besar ikan memiliki cincin pertumbuhan pada sisik mereka, yang dikenal sebagai annuli. 

Teknik ini digunakan untuk memperkirakan usia Hanako, yang berarti "pelayan bunga". Ikan koi tertua di dunia, meninggal pada tanggal 7 Juli 1977 di usia 226 tahun.

Geoduck - 168 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Geoduck (Panopea generosa) adalah spesies yang sangat besar dari kerang air asin yang dapat dimakan di family Hiatellidae. 

Nama umum berasal dari kata Indian yang berarti "menggali lebih dalam". Bertentangan dengan ejaan, pengucapan untuk nama kerang ini adalah "gooey duck" dan ejaan yang aneh adalah kemungkinan hasil transkripsi yang salah.

Geoduck adalah asli pantai barat Amerika Utara, terutama Washington State dan British Columbia. Dengan sifon mereka yang sangat panjang, yang bisa mencapai 1 meter (3.3 kaki), Geoduck adalah salah satu dari kerang terbesar di dunia, dan salah satu hewan yang terpanjang usianya

Kerang ini tidak dipancing secara komersial sampai 1970-an, namun dalam beberapa dekade terakhir permintaan yang besar dari pasar Asia telah berkembang, dan kerang sekarang dibudidayakan serta dipanen di alam liar. Menurut sebuah makalah penelitian ilmiah oleh JM (Lobo) Orensanz et al., Spesimen tertua yang tercatat adalah 168 tahun.

Ikan Sturgeon - 125 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Salah satu keluarga tertua dari bony fish yang ada, sturgeon adalah asli sungai-sungai subtropis, sub-Arktik, danau dan garis pantai dari Eurasia dan Amerika Utara. 

Sturgeon adalah nama yang umum digunakan untuk 26 spesies ikan di family Acipenseridae. Ikan sturgeon umumnya memiliki panjang 7-12 kaki (2-3 ½ m), dan beberapa spesies tumbuh hingga 18 kaki (5,5 m).

Pada bulan April 2012, Departemen Sumber Daya Alam Wisconsin, menemukan seekor sturgeon yang berusia 125 tahun dengan panjang 7 meter 3 inci dan beratnya 240 pon-. Ikan tersebut kemudian dikembalikan ke sungai setelah didokumentasikan, juga merupakan sturgeon terbesar yang pernah ditangkap di Wisconsin.

Orange Roughy - 149 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Orange Roughy adalah ikan laut yang relatif besar milik family slimehead (Trachichthyidae). 

Ikan ini ditemukan di perairan dalam (180 - 1.800 m / 590 - 5.900 ft) dari perairan Samudra Pasifik bagian Barat, bagian timur Samudera Atlantik, Indo-Pasifik, dan di Pasifik Timur Chili. 

Ikan ini sebenarnya berwarna bata merah terang, namun akan memudar menjadi oranye kekuningan setelah kematian.

Usia terpanjang yang tercatat dari ikan ini adalah 149 tahun (GE Fenton et al.) Ditentukan melalui pengukuran radiometri jejak isotop yang ditemukan di otolith (tulang telinga) seekor orange roughy.

Freshwater Pearl Mussels: 210-250 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Remis mutiara air tawar, yang nama ilmiahnya Margaritifera margaritifera, adalah spesies terancam punah dari remis air tawar, sebuah moluska bivalve (berkelopak dua) di family Margaritiferidae. 

Jenis ini mampu membuat mutiara berkualitas baik, dan telah sangat lama dieksploitasi dalam pencarian mutiara dari sumber alam.

Baru-baru ini, seorang malacologist Rusia, Valeriy Ziuganov, menerima reputasi dunia setelah ia menemukan bahwa kerang mutiara mempertahankan berkurangnya gejala penuaan dan ia menentukan bahwa kerang mutiara memiliki umur maksimum 210-250 tahun, menurut laporan yang diterbitkan nya yang berjudul:  Life Span Variation of the Freshwater Pearl Shell: A Model Species for Testing Longevity Mechanisms in Animals.

Landak Laut Merah (Red Sea Urchin) - 200 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Strongylocentrotus franciscanus, biasa disebut Red Sea Urchin (meskipun warnanya berkisar dari merah muda atau oranye hingga hampir hitam), adalah landak laut yang dapat ditemukan di Samudra Pasifik dari Alaska ke Baja California. 

Ia hidup di perairan dangkal dari garis surut sampai kedalaman 90 meter (300 kaki), dan biasanya ditemukan di pantai berbatu yang terlindung dari aksi gelombang ekstrim.

Tubuh bola bolanya benar-benar tertutup oleh duri tajam yang dapat tumbuh hingga 8 cm. Duri ini tumbuh pada cangkang keras yang disebut "test", yang membungkus binatang. Yang tertua telah diukur memiliki cangkang dengan diameter sekitar 19 cm.

Menurut sebuah makalah penelitian oleh Thomas A. Ebert di Departemen Zoologi di Oregon State University,  landak laut merah terbesar yang dilaporkan berasal dari British Columbia, Kanada, dan diharapkan diperkirakan berusia 200 tahun.

Lamellibrachia luymesi – 170 tahun

Hewan hewan yang usianya bisa ratusan tahun....!!!
Lamellibrachia luymesi adalah spesies cacing tabung di family Siboglinidae. Ia hidup di rembesan dingin laut dalam di mana hidrokarbon (minyak dan metana) yang bocor keluar dari dasar laut. 

Cacing ini sepenuhnya bergantung pada, bakteri simbion pengoksidasi sulfida untuk nutrisinya.

Rembesan yang paling terkenal di mana Lamellibrachia luymesi berada adalah di utara Teluk Meksiko pada kedalaman 500-800 m. Cacing tabung ini bisa mencapai panjang lebih dari 3 m (10 kaki), dan tumbuh sangat lambat.

Menurut sebuah artikel penelitian oleh Sharmishtha Dattagupta et al., Tubeworm memiliki umur lebih dari 170 tahun.

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment