Post

Cara menanggulangi mimisan....!!! | Digit-All Data

Cara menanggulangi mimisan....!!!

Mimisan atau peristiwa keluarnya darah dari hidung sering bikin banyak orang panik. Karena memang tidak banyak orang bisa bertoleransi dengan 'pemandangan' mengalirnya darah dari bagian wajah. Mimisan atau yang biasa dikenal sebagai Epistaksis dalam dunia medis terjadi karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung.

Hal ini bisa dikarenakan penyebab dari luar misal benturan di hidung, atau penyebab dari dalam tubuh. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan kalau kamu atau orang di sekitarmu mengalami pendarahan ini:

Cara menanggulani mimisan....!!! | http://poerwalaksana.blogspot.com/
1. Berdiri atau Duduk Dengan Wajah yang Sedikit Ditundukkan
Sebagian besar orang selalu menyuruh orang yang mimisan untuk mendongakkan kepala atau rebahan padahal itu adalah suatu kesalahan besar! Anda harus membiarkan darah keluar dari hidung guna menghindari darah mengalir ke tenggorokan. 

Kalau darah sampai tertelan, darah bisa membuat anda mual bahkan muntah. Darah tersebut juga bisa meracuni lambung, dan yang terparah, kalau masuk ke paru-paru, darah bisa menyebabkan gagal napas dan kematian.

Cara menanggulani mimisan....!!! | http://poerwalaksana.blogspot.com/
2. Bernafaslah Lewat Mulut dan Jepit Hidung
Jepit hidung anda selama 10 menit dan bernafaslah lewat mulut. Jangan berbicara karena itu akan mengganggu proses pembekuan darah. Jangan pula memasukkan benda apapun - tisu atau semacamnya  ke dalam hidung. 

Kalau di hidung anda terdapat luka, benda-benda asing tersebut malah akan memperlebar luka di hidung. Dan kalau setelah sepuluh menit anda menjepit hidung, darah masih mengalir, ulangi prosedur tersebut. Kalau sudah sampai 30 menit mimisan masih juga belum berhenti, segera pergi ke UGD.


Cara menanggulani mimisan....!!! | http://poerwalaksana.blogspot.com/
3. Kompres Sekitar Hidung Dengan Sesuatu yang Dingin
Suhu dingin akan mengerutkan pembuluh darah dan mempercepat berkurangnya pendarahan. Anda juga bisa memberi air dingin di ubun-ubun anda untuk mempercepat proses pendinginan.





Cara menanggulani mimisan....!!! | http://poerwalaksana.blogspot.com/
4. Tetap Membungkuk Beberapa Saat Meski Darah Telah Berhenti Mengalir
Setelah darah berhenti mengalir, anda masih tetap harus membungkuk. Bersihkan daerah hidung dengan kain halus atau tisu secara perlahan. Jangan mengorek atau 'mengganggu' area hidung selama beberapa lama biar pendarahan tidak berulang.

Mimisan bukanlah suatu penyakit, melainkan bisa menjadi indikasi adanya penyakit lain atau kelainan tertentu dalam tubuh. 

Selama volume darah yang keluar tidak terlalu banyak, hal ini bukanlah masalah. Beda lagi, kalau tanpa penyebab yang jelas tiba-tiba seringkali anda jadi mimisan, sangat dianjurkan untuk langsung pergi ke dokter!

Share on Google Plus

About Poerwalaksana M.Djayasasmita

Poerwalaksana is a freelance web designer and developer with a passion for interaction design, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker and Writer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment